Selamat Datang

Situs Kerja Sama Undana ini kami buat untuk memfasilitasi berbagi dalam keterbatasan. Kami berharap untuk terus meningkatkan pelayanan, tetapi sumberdaya yang kami miliki terbatas. Namun kami yakin kami bisa melakukan itu melalui dukungan berbagai pihak untuk saling berbagi dan membagikan. Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan. Mohon berkenan berkunjung kembali agar kami bisa terus saling berbagi dan membagikan. Situs ini menggnatikan blog Kerja Sama Undana sebelumnya yang sedang kami arsipkan dan akan kami tutup.

Tuesday, 15 January 2019

Pemaparan proposal penelitian kerja sama pengelolaan DAS lintas batas Indonesia-Timor Leste pada rapat pimpinan universitas

Sejak akan berakhirnya penelitian kerja sama tambang rakyat, Undana nelalui Wakil Rektor Bidang Kerja Sama telah menjajagi penelitian kerja sama lain dengan pihak Charles Darwin University (CDU) dan pihak lain yang terkait. Penjajagan dilakukan dengan melakukan pembicaraan dengan para dosen di universitas tersebut, antara lain dengan pakar ekologi Dr. Jeremy Russel-Smith. Pembicaraan yang kemudian dilanjutkan dengan korespondensi melalui email tersebut melahirkan penelitian mengenai ketahanan pangan dan penghidupan berkelanjutan yang menjadi cikal bakal dari proposal penelitian kerja sama yang dipaparkan pada Senin, 14 Januari 2019 yang lalu di Ruang Rapat UPT Laboratorium Terpadu Lahan Kering Kepulauan.

Pemaparan kepada para pimpinan universitas dilakukan untuk melengkapi persyaratan pengajuan pendanaan proposal tersebut. Pemaparan yang diawali dengan penjelasan mengenai latar belakang penyusunan proposal tersebut dilakukan oleh Ketua Tim Ir. Welhelmus I.I. Mella, M.Sc., Ph.D. dan dihadiri oleh Rektor Ir. Fredrik L. Benu, MSi., Ph.D. yang didamping oleh Warek Bidang Akademik, Warek Bidang Kemahasiswaan, dan Warek Bidang Kerja Sama, para dekan, para ketua Lembaga, dan undangan lainnya. Pemaparan latar belakang tersebut kemudian dilanjutkan dengan pemaparan mengenai kaitan proposal dengan program pengembangan PUI Lahan Kering oleh Kepala UPT Laboratorium Terpadu Lahan Kering Kepulauan Dr. Ir. Mahmuddin Nur, MSi., pemaparan teknis proposal oleh anggota tim Dr. Ir. Mikhael Ludji Riwu Kaho, MS, dan pemaparan penggunaan anggaran oleh anggota tim Prof. Ir. Herianus Lalel, MSi., Ph.D.

Rektor menanggapi positif paparan yang telah dilakukan oleh tim dan memberikan sejumlah catatan masukan. Di antara catatan yang disampaikan oleh Rektor, yang perlu mendapat perhatian adalah kaitan antara proposal dengan pengembangan PUI, kontribusi yang diperlukan dari universitas dan manfaat yang bisa dihasilkan, dan penganggaran pelaksanaan kegiatan sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Rektor menanyakan hasil yang diharapkan dapat diperoleh dari penelitian kerja sama yang akan dilaksanakan tersebut yang dapat bermanfaat bagi Undana, khususnya bagi pengembangan PUI Lahan kering. Pada kesempatan tersebut tim menyampaikan bahwa penelitian kerja sama yang direncanakan tersebut akan melibatkan dosen yang akan melanjutkan pendidikan program doktor di CDU. Dari penelitian yang akan dilaksanakan juga akan dihasilkan publikasi berskala internasional. Hasil ini diharapkan akan bermanfaat bagi pengembangan PUI yang pada akhirnya akan berkontribusi positif terhadap akreditasi program studi dan peningkatan peringkat Undana.

Pemaparan diakhiri dengan pembahasan mengenai mekanisme penganggaran. Pada kesempatan tersebut Rektor meminta agar UPT dan unit-unit lain dapat memberikan kontribusinya masing-masing. Hal ini harus dilakukan mengingat anggaran tahun 2019 telah ditetapkan melalui mekanisme perencanaan setahun sebelumnya sehingga tidak bisa diubah tanpa mengikuti prosedur penganggaran yang berlaku. Berkaitan dengan hal ini disepakati bahwa LPMPT akan membantu dalam menurunkan mahasiswa KKN sedangkan fakultas akan membantu dengan cara menghimbau agar dosen melakukan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dengan topik yang sesuai dengan topik proposal di lokasi yang direncanakan sebagaimana ditetapkan dalam proposal penelitian kerja sama. Mengenai permintaan tim untuk memfasilitasi pemaparan kepada Gubernur NTT, Rektor minta agar tim melakukan pendekatan kepada OPD terkait di Provinsi NTT untuk bertindak sebagai tuan rumah.

No comments:

Post a Comment