Selamat Datang

Situs Kerja Sama Undana ini kami buat untuk memfasilitasi berbagi dalam keterbatasan. Kami berharap untuk terus meningkatkan pelayanan, tetapi sumberdaya yang kami miliki terbatas. Namun kami yakin kami bisa melakukan itu melalui dukungan berbagai pihak untuk saling berbagi dan membagikan. Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan. Mohon berkenan berkunjung kembali agar kami bisa terus saling berbagi dan membagikan. Situs ini menggnatikan blog Kerja Sama Undana sebelumnya yang sedang kami arsipkan dan akan kami tutup.

Monday, 7 January 2019

Rektor sampaikan Program Kerja Tahun 2019 dan minta pimpinan unit perhatikan Rekomendasi Rakernas Kemenristekdikti 2019

Bersamaan dengan Perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 yang dilaksanakan pada 7 Januari 2019 di Aula Universitas, Rektor Undana Prof. Fred Benu menyerahkan DIPA Tahun 2019 kepada seluruh unit kerja di lingkungan Undana. Mengawali acara penyerahan DIPA tersebut, Rektor memaparkan Program Kerja Tahun 2019 dan meminta kepada pimpinan unit agar dalam melaksanakan kegiatan, pimpinan unit memperhatikan rekomendasi Rapat Kerja Nasional Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Tahun 2019 (Rekrnas Ristekdikti 2019) yang dilaksanakan di Semarang pada 3-4 Januari 2019. Dalam pidatonya, Rektor menggarisbawahi beberapa rekoemndasi yang mendesak untuk ditindaklanjuti.

Rektor mengawali pidatonya dengan menyampaikan kemajuan yang telah dicapai Undana sampai pada saat ini. Undana telah berubah status dari universitas satker menjadi universitas BLU agar dapat meningkatkan pelayanan, khususnya pelayanan kepada mahasiswa. Berkaitan dengan peningkatan pelayanan tersebut, universitas dapat memberikan penghargaan terhadap kinerja dosen dan tenaga kependidikan dalam bentuk remunerasi sebagaimana yang sudah dilaksanakan sejak tahun anggaran 2018. Rektor menyampaikan beberapa kekurangan yang terjadi dan berjanji untuk terus melakukan perbaikan.

Sebelum memaparkan Program Kerja Tahun 2019, Rektor menyampaikan rekomendasi Rakernas Ristekdikti 2019 yang menekankan perlunya kesiapan perguruan tinggi memasuki era Revolusi Industri 4,0. Rektor menggarisbawahi beberapa butir yang perlu segera ditindaklanjuti, yaitu penyesuaian sistem kurikulum yang diintegrasikan dengan sistem pembelajaran daring (online) dengan mengembangkan sistem pembelajaran blended learning, pembentukan sikap mahasiswa dan lulusan yang toleran, menghargai perbedaan, dan cinta tanah air, serta pembukaan prodi inovatif dalam bidang-bidang yang menjadi prioritas nasional.

Atas dasar perkembangan tersebut kita perlu menggunakan anggaran 2019 secara optimal untuk memperiapkan diri menghadapi perubahan serba cepat yang kita hadapi tersebut. Sehubungan dengan itu, dengan tema Meningkatan Ppelayanan dan Daya Saing Undana Menuju Era Revolusi Industri 4.0. Rektor mengajak semua pimpinan unit menghadapi perubahan serba cepat era Revolusi 4.0 tersebut dengan Program Kerja 2019 sebagai berikut:
  • Mewujudkan akreditasi A untuk 7 program studi sarjana (S2), 2 program studi magister (S2), dan 1 program studi doktor (S3) serta akreditas A institusi pada 2020.
  • Mewujudkan satu Pusat Unggulan Iptek (PUI) berbasis lahan kering kepulauan sesuai pada 2020
  • Meningkatkan peringkat nasional Undana dari peringkat 89 pada 2018 menjadi minimal peringkat 70 pada 2020
Pelaksanaan program dan kegiatan tahun 2019 perlu difokuskan untuk memberikan perhatian terhadap setiap kriteria/indikator yang perlu ditingkatkan. Pimpinan Pascasarjana dan Fakultas agar mendorong para dosen untuk mengembangkan sistem pembelajaran blended learning sambil menunggu universitas mengembangkan Learning Management System (LMS) guna menuju kepada blended learning yang didukung e-learning.

No comments:

Post a Comment